Senin, 30 Januari 2012

6 Jenis Helikopter + Kegunaannya




Aérospatiale Puma
Aérospatiale Puma adalah sebuah helikopter angkut/serbaguna bermesin ganda yang awalnya dibuat oleh Aérospatiale Perancis. Helikopter ini juga dikenal dengan kode nama SA 330. Varian-varian dari helikopter ini juga diproduksi , dirakit atau dilisensi oleh Atlas Aircraft Corporation dari Afrika Selatan sebagai Atlas Oryx, ICAdari Rumania dan IPTN dari Indonesia.


SH-3 Sea King
SH-3 Sea King adalah helikopter mesin ganda serbaguna. Helikopter ini digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan angkatan bersenjata lain di seluruh dunia.


Mil Mi-17
Mil Mi-17 (juga dikenal sebagai seri Mi-8M di kedinasan Rusia) adalah helikopter angkut kelas menengah rancangan Rusia . Saat ini helikopter ini diproduksi di dua pabrik, yaitu di Kazan dan Ulan-Ude. Helikopter ini adalah pengembangan dari Mil Mi-8 yang menjadi andalan Pakta Warsawa semasa perang dingin. Indonesia juga mempunyai beberapa Mil Mi-17 yang dioperasikan oleh TNI-AD.


MBB/Kawasaki BK117
MBB/Kawasaki BK117 adalah helikopter serbaguna kelas menengah bermesin ganda. Helikopter ini adalah hasil kerja sama MBB Jerman and Kawasaki Jepang. MBB kemudian menjadi bagian Eurocopter (dalam kerangka EADS). BK117 pertama kali terbang pada 1979 dan kemudian sejak saat itu hampir 400 buah telah dibuat. Banyak varian telah diluncurkan baik dalam versi militer maupun sipil. Helikopter ini juga biasa digunakan untuk SAR dan Pelayanan Darurat Medis.
Versi paling modern disebut BK 117 C-2 yang menjadi EC-145 ketika jalur produksi MBB diadopsi kepada Eurocopter. EC-145 adalah penerus BK 117. Banyak karakter konstruksi dari helikopter EC 135 digunakan kembali pada EC 145. BK117 sendiri dibuat berdasar desain pesawat-pesawat terdahulu , khususnya BO 105.


Bell 204/205
Bell 204/205 adalah versi sipil atas helikopter militer UH-1 Iroquois yang ada di mana-mana. Biasa digunakan untuk pemuatan kargo, dan yang paling umum adalah pemadaman kebakaran udara.


Bo 105
Bo 105 adalah sebuah helikopter ringan , serbaguna , bermesin ganda , yang dibuat oleh Bölkow dari Stuttgart, Jerman. Produksi dilanjutkan oleh Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) yang menjadi bagian dari Eurocopter. Eurocopter memproduksi Bo 105 sampai 1997. Jalur produksi Bo 105 kemudian digantikan jalur produksi EC 135.
Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar